Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Kamis, 03 Desember 2015

Irigasi Tajum Pilot Scheme

Sistem Irigasi Tajum Pilot Scheme adalah salah satu sistem irigasi terpenting di kabuaten Banyumas. Mengubah budaya dan ekonomi masyarakat setempat yang mulai berkembang di era 70-an. Melewati berbagai wilayahy kecamatan dan menjangkau daerah kering di Kecamatan Purwojati. Ini adalah salah satu Sier atau irigasi yang berada di Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas . Tepatannya di Dusun Kutawinangun. Masyarakat setempat mengenalnya dengan istilah Tanjlig. saat saya kecil dulu area ini sangat ramai buat nongkrong sehabis solat Subuh di bulan Puasa.

Pada sektor pertanian yang pernah menjadi prioritas utama pembangunan masa orde baru, di Tinggarjaya pada tahun 1973 Presiden Soeharto meresmikan bangunan proyek Tajum Pilot Scheme yang fokus pada kegiatan penelitian pembenihan tanaman padi dan juga pembangunan saluran irigasi dengan bangunan yang monumental yaitu jembatan (biasa dinamai Pemancangan) yang menjadi penghubung saluran irigasi desa Tinggarjaya melintasi sungai Tajum menuju desa Gerduren. Pembangunan saluran irigasi inilah yang mencetak tanah gaga (pertanian kering) menjadi tanah persawahan sehingga sampai sekarang Tinggarjaya merupakan desa yang memiliki lahan sawah terluas di Kabupaten Banyumas (sumber banyumaskab.go.id) .












Tidak ada komentar:

Posting Komentar