Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 04 Desember 2015

Pasar Klapagading Kulon Jaya Kecamatan Wangon


( Radar Banyumas)
WANGON-Pemerintah Desa Klapagading Kulon Kecamatan Wangon, secara resmi membuka dan meresmikan pasar desa yang diberi nama Pasar Gading Kulon Jaya yang berdiri di atas tanah desa seluas 1400 meter persegi, pada Selasa (29/9) kemarin.
Pasar yang baru dibangun pada tahap pertama dengan dana ADD mempunyai 3 los yang bisa menampung 21 pedagang yang berasal dari desa setempat. Kepala Desa Klapagading Kulon, Karsono Sower mengatakan, launching pasar desa Klapagading Kulon merupakan salah satu upaya menyukseskan program pemerintah dalam menghidupkan pasar tradisional.
Selain itu, dengan terbentuknya BUMDes menjadikan pengelolaan pasar akan dilakukan badan usaha milik desa tersebut. “BUMDes tinggal menunggu legalitas dari Kemenhumham, pengajuannya sudah. Pasar desa yang dikemas secara tradisional merupakan pasar desa pertama dengan berdiri di atas tanah desa,”jelas Karsono.
Menurut Karsono, lahan yang digunakan untuk pembangunan Pasar Gading Kulon Jaya sebelumnya lahan yang mangkrak. Sejak tahun 1970, lahan tersebut belum dimanfaatkan dengan maksimal. Padahal lokasinya berada di dekat jalan raya.
Sebelum itu, di atas tanah tersebut berdiri Kantor Desa Klapagading Kulon. “Dulunya adalah lokasi kantor Desa Klapagading Kulon sebelum akhirnya pindah di lokasi sekarang sejak tahun 1970. Sejak kepindahan tahun tersebut, tanah desa belum dimanfaatkan secara maksimal dan pada saat ini, saya manfaatkan untuk lokasi pasar desa,”ungkapnya.
Diharapkan dengan diresmikannya pasar desa, akan menjadi pusat perekonomian warga Klapagading Kulon serta meningkatkan kesejahteraan warga. Berbagai komoditi asli warga Desa Klapagading Kulon seperti pepaya California, terong, sayur mayur, bahkan beberagai kebutuhan pokok masyarakat bisa dijual di sana.
“Antusias warga sangat bagus. Sampai kami kebanjiran pendaftar yang akan berjualan di pasar tersebut. Diharapkan, pasar desa ini membuat kesejahteraan ekonomi masyarakat meningkat,”harapnya saat peresmian yang dilaksanakan dengan pagelaran seni Kuda Lumping,”ujarnya.
Sampai akhir tahun 2015, pedagang tidak dikenai biaya administrasi. Pasaran di Pasar Desa Gading Kulon Jaya adalah setiap Kamis dan Minggu. “Berdirinya pasar desa sudah kami publikasikan secara luas dan setiap hari tetap buka tetapi untuk hari pasarannya setiap hari Kamis dan Minggu,”pungkas Karsono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar