Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Rabu, 28 Maret 2018

Perencanaan Kecamatan Wangon Untuk Pusat Industri dan Jasa di Kabupaten Banyumas


Berdasarkan Hasil Musrenbang Kabupaten Banyumas tahun 2018, tentang Program pembangunan jangka pendek dan menengah, salah satunya menetapkan bahwa Kecamatan Wangon merupakan PKL ( Pusat Kegiatan Lokal) industri dan Jasa.

Dilihat dari beberapa aspek, memang keputusan itu dinilai tepat karena melihat potensi Wangon yang cukup besar dan lokasinya yang strategis serta sudah memeiliki beberapa infrastruktur pendudkung yang mengarah sebagai kota Jasa, diantaranya memiliki kantor Samsat dan Pemadam kebakaran untuk mengurusi wilayah Banyumas bagian barat.

Terminal Wangon saat ini merupakan terminal type B melayani angkutan umum ke berbagai kota , bahkan antar pulau. Demikian juga pasar Wangon, yang menjadi salah satu pusat kesibukan ramai dengan aktivitas dari pagi sampai sore hari, dan mulai sore hingga malam hari terutama di ruas Jalna Raya Utara berbenah menjadi pusat kuliner. Selain itu , adanya kebijakan Car Free Day, yang meskipun diselenggarakan oleh kota sekelas kecamatan ternyata bisa terwujud, padahal di beberapa daerah, bahka kota Kabupaten pun ada yang gagal melaksanakan agenda Car Free Day.

Data di atas merupakan indikator bahwa Wangon sangat tepat jika direncanakan menjadi kota jasa, dan sudah seharusnya mulai dari sekarang pemkab Banyumas lebih meningkatkan lagi pembnagunan infrastruktr yang mengarah sebagai kota jasa. Maka pertumbuhan ekonomi pun akan semakin meningkat karena ditopang sebagai kota singgah .

Sebagai daerah yang direncanakan sebagai daerah industri, Wangon sejak lama telah menjadi pusat pergudangan beberapa perusahaan besar. Dan tumbuhnya beberapa industri skala menengah pun sudah ada sejak lama. Maka akan lebih baik, jika pembangunannya diarahkan juga untuk dibentuk kawasan industri, agar perkembnagannya tidak mengganggu kelestarian dan kenyamanan lingkungan yang di beberapa daerah terbukti adanya kerawanan sosial dan dampak lingkungan yang parah akibat kurang tertatanya kawasan industri, mulai dari kemacetan hingga banjir. Wangon harus bisa mengantisipasi dampak lingkungan dan menjaga kelestarian alam , daerah penyangganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...