Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Selasa, 20 Maret 2018

Mengapa Mengembangkan Potensi Wisata Banyumas Selain Baturaden Itu Penting ?



Anggaran miliaran rupiah untuk revitalisasi kawasan wisata Baturaden tapi minim anggaran untuk wilayah lain, maka PAD Banyumas akan terus bergantung kepada Batuarden, secara nilai pemasukan untuk PAD memang cukup besar, tapi secara dampak bagi Banyumas keseluruhan sangat kecil karena ekonomi yang berkembang sangat terbatas dari sekitar Baturaden saja, Secara kontribusi kurang merata, padahal jika kawasan lain dikembangkan potensi PAD juga akan semakin besar .

Kita lihat wilayah lain juga cukup banyak potensi, minimal dibuka akses dari sekitarnya yang merupakan Jalan Lintas nasional maka peluang berkembang juga akan sangat besar. Igir Pethek Cikakak Wangon salah satu contohnya.

Berita beberapa bulan lalu, tentang rencana revitalisasi Lokawisata Batuaren, saya sangat mengapresiasi langkah pemkab Banyumas, memnag itu sudah benar, akan tetapi yang sangat saya sayangkan adalah pengembnagan wisata bagi daerah lain di luar Baturaden yang tak kalah penting yang sebenarnya masih banyak sekali potensi yang belum dieksplore secara maksimal. 

OLeh karena pengembangan dan pembangunan bidang kepariwisataan yang minimal ini ada berdampak negatif terhadap keberhasilan Kepariwisataan. Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas menargetkan  agar Wisatawan datang kembali, itu menjadi salah satu tanda suksesnya pembangunan pariwisata, yang lain, kepuasan yang di dapat wisatawan dan banyaknya transaksi . JIka acuannya hanya PAD yang dihasilkan Baturaden maka itu hanya kesuksesan semu. 

Pakah wisatawan akan puas jika setiap kali berkunjung ke Banyumas hanya disajikan Baturaden? Pasti mereka akan sangat senang jika ada destinasi wisata lain yang ditawarkan karena kesan kebosanan terhadap wisata yang itu-itu saja maka ketika kabupaten tetnaggga mengembangkan daerah Bojongsari , hanya dalam waktu singkat bisa meraih banyak kunjungan bahkan masuk peringkat atas destinais wisata Jawa Tengah , mengapa bisa begitu? Wisatawan butuh kebaruan, suasana baru yang berbeda dnegan apa yang sudah mereka lihat atau kunjungi. 

Kabupaten Banyumas tak akan tertinggal jika sungguh-sungguh menggarap potensi lain, mulai dari akses dan akomodasi dan kerja sama dengan pihak terkait mulai dari masyarakat, pokdarwis, travel , hotel, restoran dan lainnya. JIka sekarang belum ammpu karen akendala anggaran yang besar, maka membuat prioritas terlebih dahulu, daerah mana saja yang paling mendesak, bangun infrastrukturnya dan bangun SDM warganya, kolaborasi dengan potensi kerajinan rakyat dan hasil alam atau perteanian dan peternakannya untuk kemudian dikelola bersama menjadi pelengkap wisata  kuliner, dan produk oleh-oleh atau cindera mata. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...