Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Senin, 05 Maret 2018

Apa Yang Baru di Pratista Harsa Purwokerto ?

Gerai UMKM Tampung Produk Unggulan

Gerai UMKM Pasar Pratistha Harsa Blok APurwokerto kembali akan beroperasi setelah direnovasi dan ditata ulang. Ruang promosi itu akan menampung produk-produk makanan dan minuman olahan serta kerajinan unggulan Banyumas.
Menurut Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Lilis Hartati, pihaknya telah menginformasikan serta menawarkan kepada para pelaku UMKM untuk memajang produknya di gerai UMKM. ”Kami sudah mengundang 75 pelaku UMKM. Kami juga telah menyebar formulir untuk diisi sebagai kesanggupan menitipkan produknya di gerai UMKM. Rencananya gerai UMKM akan kembali dibuka pada 6 Maret 2018,” katanya.
Ia menambahkan, pelaku usaha yang menitipkan produknya tidak dikenai biaya sewa. Mereka dapat menikmati fasilitas gerai UMKM secara gratis. Bahkan, harga produk yang dipajang ditentukan oleh pelaku UMKM bukan pengelola gerai. ”Tujuannya murni untuk membantu para pelaku UMKM agar lebih maju dan berkembang. Kami memberi tempat untuk berjualan dan harganya juga dari sana,” katanya.
Keberadaan gerai UMKM juga diharapkan mendapat respons positif dari masyarakat, karena jika produk-produk unggulan UMKM dapat dipajang di gerai, maka akan menciptakan tempat miniatur produk-produk khas Banyumas. Ini juga akan menjadi tempat alternatif baru bagi para wisatawan domestik maupun asing yang hendak berbelanja produkproduk khas Banyumas.
”Nanti kalau ada tamu yang sedang kunjungan kerja atau studi banding bisa diarahkan ke sana,” kata Lilis. Selain itu, sambung dia, pola transaksi yang diterapkan di gerai UMKM menggunakan transaksi konvensional dan online. ”Petugas di sana nanti akan siap melayani transaksi online. Ini akan lebih memudahkan konsumen,” ujarnya.
Pelatihan dan Pembinaan
Selain untuk berjualan produk, di lantai dua ada ruang yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pelatihan dan pembinaan bagi pelaku usaha. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia UMKM. Wakil Ketua II Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Banyumas, Is Heru Permana, mengatakan, pemerintah daerah diharapkan dapat menggerakkan, menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk belanja di gerai UMKM.
”Masyarakat Banyumas harus mendukung program pemerintah kabupaten dengan membeli produk- produk di gerai tersebut, sehingga mampu menumbuhkan motivasi para pelaku UMKM,” katanya.
Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM juga perlu mendapat pembinaan dari pemerintah daerah, sehingga mereka dapat menciptakan produk yang baik dengan mengedepankan legalitas produk, khususnya produk makanan olahan serta menawarkan produk sesuai selera konsumen.
sumber Suara Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...