Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Selasa, 19 Juli 2016

Butuh Riset Motivasi


suaramerdeka.com
PENINGKATAN pengunjung pada libur Lebaran ke Lokawisata Baturraden merupakan hal unik yang perlu dicermati. Pasalnya, objek wisata di lereng Gunung Slamet tersebut kurang inovatif dalam hal pengembangan wahana.
Pemerhati wisata dan budaya Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru mengatakan, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas perlu membuat riset motivasi kunjungan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui selera dan minat pengunjung yang datang ke Banyumas. “Banyak faktor yang menyebabkan wisatawan berkunjung ke Banyumas, khususnya Baturraden yang masih menjadi destinasi utama. Entah faktor kejenuhan dengan objek wisata lain, faktor ekonomis dengan harga lebih murah atau faktor daya tarik,” kata dia.
Menurut pria berkacamata ini, khusus untuk Lokawisata Baturraden tiketnya memang relatif lebih murah dibandingkan destinasi yang lain, sehingga, kawasan yang hanya mengandalkan panorama alam pegunungan ini lebih disukai oleh wisatawan dari luar daerah utamanya dari pesisir pantai.
Selain itu, momentum libur sekolah yang lebih panjang tahun ini juga turut mendongkrak jumlah pengunjung. Menurut Chusmeru, Baturraden masih menjadi pilihan utama bagi keluarga yang ingin berlibur.
“Studi motivasi pengunjung ini juga bisa diarahkan untuk mengetahui selera konsumen, dalam hal ini wisatawan. Mereka cenderung menyukai jenis destinasi wisata yang seperti apa,” ujar dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed ini.
Dosen mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya ini mengatakan, Pemkab Banyumas juga perlu merancang kebijakan strategis untuk pemerataan kunjungan. Misalnya dengan mewujudkan kawasan Sentra Budaya Kota Lama Banyumas dan pengembangan obyek wisata lain di daerah selatan Banyumas.
“Jadi, tidak hanya Baturraden yang menjadi andalan. Kalau hanya mengandalkan panorama alam bisa jadi pengunjung akan merasa jenuh dengan Baturraden,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar