Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 11 Juli 2016

Es Krim Brasil Wajib Dicicipi

suaramerdeka.com
SEPERTI halnya Roti Go, kudapan yang wajib dicicipi saat pulang ke Purwokerto adalah Es Brasil yang berada di kawasan pertokoan Kebondalem, Jalan Jenderal Soeprapto 25. Usaha es ini sudah berdiri sejak tahun 1969.
Pencetusnya yakni Winawati Wangsaputri yang memulai usaha rumahan dengan berdagang es lilin secara berkeliling. Anggota Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini memunculkan es mambo sebagai produk perdananya. Karena kepopulerannya, bisnis ini berlanjut hingga kini, di tangan kedua anaknya, yaitu Sugianto dan Edi Sarwono.
Merk ’’Brasil’’tak ada kaitannya dengan negeri sepak bola, tetapi berasal dari kependekan kata ’’berhasil’’, yang merupakan impian sang pendiri terhadap kedai es krimnya. Menu es krim di sini sangat klasik, seperti es krim stik dan cup, es krim roti, es kotak, dan es cone, dengan varian rasa kelapa muda, ketan hitam, kacang hijau, leci, durian, anggur, dan lain-lain.
Ada juga es mambo rasa ketan hitam dan rujak. Hmm… Tentu pengunjung bakal teringat dengan kenangan masa kecil saat membeli es krim yang dijual pedagang keliling. Untuk pengunjung yang ingin makan di tempat, bisa mencicipi Es Krim Kopi dan Es Krim Kopyor.
Es Krim Kopi berisi es krim vanila dengan siraman kopi dan sepotong wafer serta choco chip, sementara Es Krim Kopyor berisi es krim rasa kopyor dan siraman cokelat. Dari penuturan sang pemilik, Winawati, es buatannya diolah dari santan kelapa asli dan susu murni yang dikombinasikan dengan bahan alami seperti buah. Penggunaan pewarna makanan hanya ada pada produk tertentu. Itu pun untuk menonjolkan warna, seperti rasa durian.
Es Brasil juga tidak menggunakan pengawet dan bahan kimia tambahan, tapi es ini mampu bertahan hingga enam bulan. Bahkan, bila disimpan dalam keadaan beku dapat bertahan hingga satu tahun. Kini, Es Brasil tak hanya bisa dijumpai di Purwokerto.
Beberapa kota seperti Banjarnegara, Bumiayu, Cirebon, Majenang, Purworejo, Tegal, Jakarta, Bandung, Cirebon dan Bogor juga mendapat pasokan es yang bebas bahan pengawet ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar