Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Membany...

Jumat, 15 Juli 2016

Lima Simpang Rawan Macet Akan Dilengkapi ATCS


suaramerdeka.com
Tahun depan, sejumlah simpang yang rawan kemacetan, direncanakan dilengkapi area traffic control system (ATCS).
Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Banyumas, Achmad Riyanto, sejumlah simpang yang akan dilengkapi ATCS antara lain di Wangon, Menganti, Rawalo, Ajibarang, dan Buntu. “Rencananya yang akan memasang ATCS di lokasi tersebut pemerintah pusat,” jelasnya, Selasa (12/7).
Dengan dilengkapi ATCS nantinya lalu lintas di sejumlah lokasi tersebut dapat diatur dari jarak jauh, dengan cara mengendalikan periode menyala lampu pengatur lalu lintas. Pada lampu pengatur lalu lintas yang belum dilengkapi ATCS, pengaturan periode menyala, harus dilakukan secara manual dengan mengatur langsung di titik dimana lampu berada.
Dalam arus mudik dan arus balik kali ini, sejumlah lokasi tersebut seperti Buntu, Wangon, dan Ajibarang, menjadi simpul-simpul kepadatan kendaraan di wilayah Banyumas. Saat ini di lokasi tersebut sudah dilengkapi lampu pengatur lalu lintas hanya saja masih manual.
Bisa Pantau
Sementara itu, saat ini masyarakat terutama warga Kota Purwokerto dapat ikut memantau kondisi lalu lintas di sejumlah simpang yang telah dilengkapi dengan ATCS.
Menurut Achmad, saat ini pihaknya telah meluncurkan websiteresmi yang menampilkan citra CCTVdi sejumlah simpang yang telah dilengkapi ATCS. “Dengan mengakses http://banyumas.marktel.co/mplayer/ maka warga bisa melihat tampilan CCTV di sejumlah simpang yang sudah dilengkapi ATCS,” tuturnya.
Adapun simpang yang terpantau kamera CCTV adalah Simpang Gor, Simpang Sutosuman, Simpang Kebondalem, Simpang Kalibogor, Simpang Tanjung, Simpang Patriot, Simpang Karangbawang, Simpang Pancurawis, dan Simpang Tugu Adipura Berkoh. Beberapa waktu lalu sejumlah simpang juga sempat diusulkan untuk dipasang ATCS, simpang-simpang tersebut terutama yang berada di Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto.
Kendati sudah cukup lama terdengar namun sampai saat ini usulan tersebut belum terealisasi. Adanya ATCS di sejumlah simpang diakui salah seorang warga Kurniawan, sangat membantu ketertiban lalu lintas. “Karena ada CCTV, petugas bisa melihat kendaraan yang melanggar marka, maupun lampu pengatur lalu lintas.
Dan langsung ditegur juga karena ada pengeras suaranya, jadi yang melanggar malu,” ujarnya. Ia berharap, semakin banyak simpang yang dilengkapi dengan ATCS. Dengan demikian, arus lalu lintas akan lebih tertib, aman, dan nyaman.

Pemasangan ATCS Dialokasikan Rp 6 Miliar

suaramerdeka.com
Berencana pasang area traffic control system (ATCS) di sejumlah simpang di Banyumas, pemerintah pusat akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6 miliar.
Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinhubkominfo Banyumas, Achmad Riyanto, pemasangan ATCS dilakukan untuk semakin memudahkan pengaturan lalu lintas. Sejauh ini sejumlah simpang di wilayah Perkotaan Purwokerto telah dilengkapi dengan ATCS.
Ia mengatakan, pemerintah pusat berencana memasang alat tersebut di beberapa simpang yang rawan kemacetan di Banyumas. “Tahun depan rencananya dilakukan oleh pemerintah pusat,” jelasnya, kemarin. Adapun loaksi yang akan dilengkapi ATCS yakni, Simpang Wangon, Simpang Menganti, Simpang Rawalo, Simpang Ajibarang, dan Simpang Buntu.
Selama berlangsung arus mudik dan arus balik lalu simpang-simpang tersebut menjadi lokasi simpul kepadatan lalu lintas di Banyumas. Sebelumnya, masyarakat terutama warga Kota Purwokerto dapat ikut memantau kondisi lalu lintas di sejumlah simpang yang telah dilengkapi dengan ATCS.
Menurut Achmad, saat ini pihaknya telah meluncurkan website resmi yang menampilkan citra cctv di sejumlah simpang yang telah dilengkapi ATCS. “Dengan mengakses http://banyumas. marktel.co/mplayer/ maka warga bisa melihat tampilan CCTV di sejumlah simpang yang sudah dilengkapi ATCS,” tuturnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, adapun simpang yang terpantau kamera CCTV adalah Simpang Gor, Simpang Sutosuman, Simpang Kebondalem, Simpang Kalibogor, Simpang Tanjung, Simpang Patriot, Simpang Karangbawang, Simpang Pancurawis, dan Simpang Tugu Adipura Berkoh.
Beberapa waktu lalu sejumlah simpang juga sempat diusulkan untuk dipasang ATCS, simpang-simpang tersebut terutama yang berada di Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto. Kendati sudah cukup lama terdengar namun sampai saat ini usulan tersebut belum terealisasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar