Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 11 Juli 2016

BI Dukung Sektor Pariwisata

suaramerdeka.com
 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto memberi perhatian khusus pada sektor pariwisata. Apalagi sektor pariwisata dinilai memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.
Komitmen ini diimplementasikan dengan memfasilitasi kegiatan perayaan ritual budaya jumenengan yang dikemas dalam kirab budaya Banyumas. Kegiatan jumenengan untuk mengenang perjalanan sejarah Kadipaten Wirasaba dengan tokoh sentralnya Adipati Mrapat R. Djoko Kaiman.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Ramdan Denny Prakoso mengatakan, BI Purwokerto sejak 2015 telah memfasilitasi kegiatan jumenengan dengan maksud untuk mendorong bertumbuhkembangnya industri pariwisata di Kecamatan Banyumas khususnya, dan Kabupaten Banyumas umumnya.
”Dengan mendorong budaya seperti ini, kami berharap akan dikut menggairahkan kembali agenda budaya, kesenian tradisional dan UMKM yang ada di Kecamatan Banyumas,” katanya.
Ia menambahkan yang istimewa dari kegiatan ini, acara dirancang dan dilaksanakan atas pemufakatan 12 desa yang berada di Kecamatan Banyumas.
”Bank Indonesia menilai bahwa pergelaran budaya lokal mampu memberikan stimulus terhadap pertumbuhan ekonomi terutama sektor pariwisata,” katanya.
Kegiatan kirab budaya Banyumas dimulai pada 27 Juni 2016 berupa FGD/juguran, 1 Juli 2016 ziarah makan R Djoko Kaiman dan 2 Juli pengetan jumenengan, bertepatan dengan 27 Ramadan yang merupakan tanggal jumenengan berdasarkan sejarah.
Rangkaian kegiatan ini kemudian akan dilanjutkan pada 9 sampai 13 Juli dengan pergelaran budaya yang akan dilaksanakan di Alun-alun Banyumas.
Selanjutnya, 14-29 Juli adalah pasar rakyat yang diharapkan dapat menjadi ajang eksploitasi dan promosi UMKM serta kesenian lokal Kecamatan Banyumas. ”Kegiatan budaya yang menarik di wilayah Banyumas dapat dijadikan pancingan untuk menarik wisatawan,” kata Denny.
Untuk itu, sambung dia, dibutuhkan komitmen semua unsur, termasuk pemerintah daerah, kepala desa, masyarakat dan insan kreatif Banyumas dalam menyikapi event, seperti rangkaian kegiatan kirab budaya Banyumas dapat semakin meriah,” ujar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar