Langsung ke konten utama

Banyumas Branding "City of Thousand Waterfalls and Beautifull Riverside"



Bupati Banyumas, Ir Ahmad Husein mengatakan, agar kabupaten Banyumas khususnya kota Purwokerto punya daya magnit besar bagi masyarakat luas, sehingga amat penting terbitnya brand atau merk yang jelas.

"Kami butuh usulan dari berbagai pihak tentang branding kabupaten Banyumas atau kota Purwokerto. Kita punya ciri khas yang jelas dari segi bahasa, kuliner, maupun geografis yang ada. Tetapi sampai sekarang belum ada satupun
yang bisa dijadikan branding city" katanya, Senin (05/01/2015).  "Kita punya kekhasan kuliner yang unik dan menarik, seperti kripik, mendhoan, soto Sokaraja, atau gethuk goreng. Kita juga punya bahasa yang khas bernilai brand, yakni bahasa ngapak-ngapak. Kita juga punya kawasan khas Banyumas, seperti Gunung Slamet atau Sungai Serayu. Tetapi tak satupun yang bisa menjadi pilihan branding Banyumas. Kami butuh branding" tuturnya.  ( KR Jogja)

Beberapa waktu lalu fenomena sebuah tempat wisata yang dimulai dari Media Sosial seperti halnya Curug Nangga di Pekuncen, lalu menjadi  topik di Media Berita Nasional . Sekarang muncul fenomena baru, yaitu salah satu sisi Kali Serayu tepatnya di Desa Tumiyang bernama Batu Meja. Melihat dua contoh ini fenomana ini membuka mata kita bahwa sebenarnya banyak sekali potensi wisata di Banyumas yang bisa digarap, dikembangkan dan dipromosikan . Dan semakin melengkapi list objek wisata . Sebagian besar Air Terjun berlokasi di Lereng Gunung slamet yang tersebar di beberapa Kecamatan mulai dari Pekuncen, Cilongok, Kedungbanteng, Baturaden, Sumbang. Nah untuk Panorama Sungai yang sudah mulai dikembangakan adalah kawasan Bendung Gerak Serayu di Rawalo. Yang saat ini mulai booming adalah Watu Meja di Tumiyang juga salah satu lokasi bagian dari sisi Kali Serayu. Nah Watu Meja ini bias dikemas sebaghai bagian dari Proyek Serayu Voyage River . Kali Serayu juga punya potensi besar termasuk sejumlah anak sungainya.


Curug Nangga, Kecamatan Pekuncen
Watu Meja Tumiyang Kebasen
Dari sejumlah Objek wisata ada 2 yang potensinya cukup besar bagi Banyumas. Sebagian besar berupa Objek wisata air terjun yang sebagian sudah dikelola dan panorama sungai yang baru baru ini booming. .

Nah terkait City Branding , saya lebih sreg dengan kalimat" Banyumas the City of Thousand Waterfalls and Beautifull Riverside ".
Daftar Objek Wisata Curug atau Air Terjun:


1. Curug Bayan Kalipagu .
Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, di Kali Banjaran, beberapa puluh langkah ke arah hulu dari Dam Jepang.

2. Curug Belot .
Desa Rempoah, Baturraden, dengan air deras, namun belum banyak disentuh dan masih alami.
3. Curug Ceheng

Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, yang menampilkan keindahan air terjun yang dihiasi satwa lawa (sejenis kalong) yang beterbangan di sekitarya.

4. Curug Cipendok
Desa Karangtengah, Kec Cilongok, dengan ketinggian 92 m, hawanya sejuk, lokasinya cukup mudah dicapai, bisa menikmati mendoan dan susu murni saat menuju curug

5. Curug Gede
Desa wisata Ketenger, 3 km dari lokasi wisata Baturraden. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati air terjun dengan keindahan alam dan aneka lempeng batu

6. Curug Gomblang masuk wilayah hutan pangkuan LMDH WANA LESTARI desa Baseh (grumbul Buaran) Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tepatnya petak 52e LMDH Wana Lestari KRPH Karanggandul, BKPH Gunung Slamet Barat, KPH Banyumas Timur.


7. Curug Gumawang
Berada di dalam kompleks Lokawisata Baturraden, sehingga juga disebut sebagai Curug Baturraden, dengan ketinggian air terjun sekitar 25 meter
8. Curug Gumawang Kemawi

Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, terdiri dari sekitar 7 tingkatan, paling besar yang nomor 2 dari bawah, sekitar 800 m dari jalan aspal namun aksesnya cukup sulit.

9. Curug Pengantin Kalipagu
Igir Rambat, 4 km dari Dusun Kalipagu, ditempuh melalui Batur Semendeh dan hutan lindung, dengan ketinggian curug 50 m.

10. Curug Pengantin Kracak Ajibarang.
Berada di tengah hutan Dusun Parduli, Desa Kracak, Ajibarang, tinggi air terjun 2 m, namun dipercaya bahwa mandi di sini menolak bala dan mempercepat jodoh

11. Curug Song
Desa Kalisalak, Kebasen, dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter, dengan akses masih cukup sulit, ada sarang burung walet

12. Pancuran Telu

Bisa diakses melalui Lokawisata Baturaden, sumber air panas yang keluar melalui tiga pancuran, ada petilasan Embah Atas Angin

13. Pancuran Pitu
Di dalam Lokawisata Baturaden, sumber air panas yang keluar melalui tujuh pancuran, dicapai dengan berjalan sejauh 2,5 km, atau dengan kendaraan melalui Bumi Perkemahan Baturaden.

14. Curug Nangga Petahunan Pekuncen.
Untuk menuju lokasi Curug Nangga berada, harus melalui beberapa jalan yang memang tidak seperti biasanya. Jika kalian datang dari arah purwokerto maka yang harus jadi patokan untuk menuju ke Curug Nangga adalah pangkalan ojek cikawung. berada tidak jauh dari Rumah Makan Sumber Alam Pekuncen. Letaknya berada di sebelah kiri jalan.

Tepat sebelum pangkalan ojek cikawung, terdapat jalan (gang) masuk menuju ke desa semedo dan desa petahunan. Itulah jalan dimana kalian akan menemukan beberapa tanjakan yang cukup tajam selama perjalanan menuju Curug Nangga.

Kalian akan menempuh waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapai titik pemberhentian (parkir), dimana kalian akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena medan menuju Curug Nangga tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. ( Credit to Fandi Imaniawan)



Untuk Objek Wisata sungai antara lain:

1. Bendung Gerak Serayu ( antara Kebasen - Rawalo).
Adalah sebuah bendungan yang membendung aliran kali Serayu. Lokasi nya di Pinggir jalan  Raya Rawalo arah Bandung Purwokerto.

2. Watu Meja Kebasen.

Rutenya : perempatan Tanjung ke selatan menuju Pasar Patikraja, sampai pasar pilih jalan di sebelah kiri sampai melewati pertigaan tugu, ambil yang kanan (kalau kiri ke Banyumas soalnya) ikuti saja sampai Desa Tumiyang. Bila sudah sampai masjid yang ada di kanan jalan, berarti sudah dekat dengan toko Studio Foto (ada di sisi kiri jalan). Dari Studio Foto naik sekitar 200 meter melewati jalan kecil hingga ke tempat parkiran. Sekarang sudah ada petunjuk jalan menuju Bukit Watu Meja.


3. Baturagung.
Desa Baseh Kecamatan Kedung Banteng – Banyumas. Jarak tempuh dari kota Purwkerto kurang lebih + 15 Km .Wahana rekreasi yang dapat ditemui di Batur Agung antara lain: Situs Purbakala, Rafting Track (Arung Jeram), Water Park, Logawa Valley Outbound, Arena ATV Trail, Flying Fox, Jogging Track, Education Park. Untuk Menuju Lokasi dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum (koprades/ojek). dari arah karanglewas menuju ke utara sekitar 12 KM dengan menggunakan koprades ke desa baseh. bagi yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau sepeda motor akan di permudah dengan akses menuju lokasi, karena banyak rambu informasi menuju lokasi wisata.

4. Serayu Voyage River
Salah satu terbosoan baru bagi masyarakat atau wisatawan untuk menikmati indahnya panorama di sepanjang aliran Sungai Serayu dengan perahu-perahu yang disiapkan secara khusus, serta pembangunan dermaga-dermaga yang diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi wisatawan.


Sumber Merdeka.com dan lain-lain



Komentar

  1. Banyumas ternyata kaya raya yaa..
    Harus lebih dibpromosikan lagi tuh tempat tempat wisata di banyumas.
    Supaya lebih terkenal lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh kerja sama antar semua masyarakat dan stake holder mas, tidak hanya tanggung jawab pemerintah. Karena anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Ya semoga pemda Banyumas lebih kreatif dalam menggandeng swasta dalam promosi.

      Hapus
  2. Mohon diRALAT :
    CURUG GOMBLANG masuk wilayah hutan pangkuan LMDH WANA LESTARI desa Baseh (grumbul Buaran) Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tepatnya petak 52e LMDH Wana Lestari KRPH Karanggandul, BKPH Gunung Slamet Barat, KPH Banyumas Timur.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas klarifikasi dan informasinya pak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…