Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Kamis, 28 April 2016

Puskesmas Mendesak Dipindah

Puskesmas II Kemranjen Mendesak Dipindah

radarbanyumas
Lahan Parkir dan Ruang Rawat Inap Terbatas
BANYUMAS- Puskesmas II Kemranjen dinilai sempit oleh warga. Sebab, lahan parkir dan ruang rawat inap masih terbatas. Salah seorang warga Desa Pageralang Kecamatan Kemranjen, Sarkum mengatakan, pelayanan Puskesmas kemranjen sudah baik.
foto a
Namun menurut dia, ruang rawat inap di sana dinilai sempit. Lahan parkir yang terbatas juga tak mampu menampung semua kendaraan  ketika ramai. “Beberapa waktu lalu saya menjenguk saudara saya. Pelayanannya baik, sayangnya di sana itu sempit,” ujarnya.
Dia berharap dinas terkait mencarikan solusi untuk menangani persoalan tersebut. “Puskesmas II memang lokasinya sangat strategis, gedungnya juga bagus dan saya dengar katanya akan pindah,” ujarnya.
Kepala Puskesmas II Kemranjen, dr Muhammad Amir Fuad mengakui Puskesmas Kemranjen II memang memiliki keterbatasan tempat parkir dan ruang rawat inap.
Karena kurang tempat, beberapa pasien harus dirujuk ke rumah sakit lain. Belum lama ini bahkan Puskesmas melebarkan ruang tunggu. “Beberapa waktu lalu kami merubah taman menjadi ruang tunggu agar pasien lebih nyaman ketika menunggu antrean,  dan pembangunan menggunakan dana dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” jelasnya.
Untuk perpindahan lokasi Puskesmas, pihaknya menyerahkkan seluruhnya pada Dinas Kesehatan Kabupaten. Menurut dia, ada wacana perpindahan Puskesmas sejak kurang lebih satu tahun yang lalu.
Dia menambahkan,  tahun 2017 nanti akan ada bantuan dari  dinas terkait untuk Puskesmas II Kemranjen. “Kepastian kepindahan Puskesmas  kami serahkan ke dinas. Kami menerima apapun keputusannya. Bagi kami pelayanan pada masyarakat yang harus diutamakan. Prasarana adalah pendukung,” imbuhnya.


Puskesmas Patikraja Mendesak Dipindah

Puskesmas Patikraja Mendesak Dipindah
Teganjal Lahan dan Dana

BANYUMAS-Sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas Patikraja dinilai terlalu sempit. Pengunjung Puskesmas harus rela mengantre di halaman puskesmas.
Camat Patikraja, Drs Khaerul Zubair MM mengatakan, perbaikan Puskesmas penting  dilakukan. Namun sayangnya, hingga kini belum ada dana yang memadai untuk pembelian tanah di lokasi baru yang lebih luas.
Menurut Khaerul, sedikitnya dua hektar tanah diperlukan untuk membuat Puskesmas. “Harapannya, bisa dipindah di tempat yang luas,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, karena sempit, pasien harus rela duduk berdesakan. Pegawai Puskesmas juga memerlukan tempat yang nyaman untuk bekerja.
Apalagi Puskesmas  memiliki banyak alat kesehatan maupun dokumen penting yang harus disimpan khusus. “Puskesmas itu alatnya banyak, kalau berdesakan juga kurang nyaman dari segi pegawai, perawat, dokter, ataupun pasien. ” ujarnya.
Perbaikan Puskesmas khususnya untuk menunjang klinik Ponet, yaitu klinik yang bisa menangani kelahiran dengan kegawatdaruratan. “Dari Karangendep, Sawangan, Cilongok, sampai turunan Purwokerto banyak yang berobat di Puskesmas Patikraja,” jelasnya.
Saat ini pihak kecamatan masih mencari lokasi yang pas untuk bangunan Puskesmas yang baru. Dia berharap, pembangunan Puskesmas bisa terwujud di tahun 2017.
“Untuk rencana kami sudah mantap, tapi hanya tinggal dana yang tersedia atau tidak,”imbuhnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...