Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 29 April 2016

FESTIVAL SENI UNGGULAN

FESTIVAL SENI UNGGULAN, MULAI DIGELAR SABTU 30 APRIL
BANYUMAS – Festival seni unggulan Banyumas yang bertajuk “Goyang Gayeng” akan mulai digelar Sabtu (30/4/2016) di Lapangan Desa Cilongok mulai jam 19.30 WIB. Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas memecah panggung pementasan Festival Seni Unggulan Banyumas pada tiga lokasi dan waktu yang berbeda. Setiap titik, diikuti oleh kelompok seni dari sembilan kecamatan terdekat.
Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Rustin Harwanti mengatakan, penyebaran lokasi pentas ini dimaksudkan agar perhelatan festival tidak hanya terpusat di satu titik, yaitu wilayah Kota Purwokerto.
Kegiatan perdana di Lapangan Cilongok dengan peserta grup kesenian dari Kecamatan Lumbir, Wangon, Jatilawang, Purwojati, Rawalo, Gumelar, Ajibarang, Pekuncen dan Cilongok.
Festival kedua akan digelar di Lapangan Sibalung, Kecamatan Kemranjen, Sabtu (14/5/2016) dengan peserta Kecamatan Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kebasen, Patikraja, Banyumas, Somagede, Kalibagor dan Sokaraja.
Dan ketiga panggung tersedia di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwakerta, Sabtu (21/5/2016) dengan penampilan dari Kecamatan Purwokerto Utara, Baturraden, Kedungbanteng, Sumbang, Kembaran, Karanglewas, Purwokerto Barat, Purwokerto Timur dan Purwokerto Selatan.
Menurut Rustin penyebaran tempat dengan harapan, masyarakat bisa menyaksikan kesenian Banyumas yang unik di sekitar wilayahnya. Metode ini pernah diterapkan pada Festival Kenthongan 2015, hasilnya cukup meriah dan masyarakat terhibur dengan tontonan yang lebih dekat. “Tidak perlu jauh-jauh lagi ke kota. Kami berusaha menyediakan sarana hiburan dan edukasi tentang budaya Banyumas kepada masyarakat,” katanya.
Pada pelaksanaan pihaknya menggandeng Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) serta pamong budaya untuk mengordinasi kelompok kesenian unggulan yang tampil. Dan untuk melestarikan kesenian tradisi yang jarang dipentaskan, panitia tidak membolehkan kelompok seni menampilkan grup kentongan, karena sudah ada festival kentongan tersendiri.
Kegiatan perdana (30/4/2016) di Lapangan Cilongok Sabtu, Kecamatan Lumbir menampilkan gurindrom, Wangon lengger, Jatilawang cowongan, Purwojati sintren, Rawalo gandalia, Gumelar opera Sri Sedana, Ajibarang seni tandan, Pekuncen seni bengklung dan Cilongok aksi muda.

Humas Kabupaten Banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar