Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 20 April 2016

hak cipta batik Desa Dawuhan

Perajin Batik Makin Kebanjiran Order

Pasca Dapat Hak Cipta
BANYUMAS- Setelah motif batik Kharisma mendapat hak cipta dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), pesanan batik Desa Dawuhan semakin bertambah.
foto aPerajin Batik Desa Dawuhan, Dwi Nurayati (37) mengatakan, sejak mendapat hak cipta dan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo Senin (11/4) lalu di Brebes, batik Desa Dawuhan semakin dikenal masyarakat luas.
Dia mengakui, pesanan kini semakin bertambah. “Pesanan bertambah, meski sedikit demi sedikit. Dapat hak ciptanya juga baru satu minggu. Kami mengakui kini banyak yang mulai kenal batik Dawuhan,” ujarnya.
Dwi menjelaskan, Desa Dawuhan lebih sering mendapat pesanan untuk membuat batik seragam karyawan, PKK, maupun perangkat desa. Sekali pesan biasanya sekitar lima  hingga 20 batik.
“Kalau kami, kebanyakan pelanggan beli untuk seragam. Kalau pemasaram ketika itu masih dari mulut ke mulut, misalnya rekan kerja suami,” jelasnya.
Dia berharap, order batik Desa Dawuhan semakin bertambah, apalagi untuk motif batik kharisma yang menceritakan tentang Kalibening Dawuhan.
Dia menambahkan, karena batik Dawuhan mendapat hak cipta, perajin batik Desa Dawuhan mendapat kesempatan belajar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah.
“Hari ini (kemarin,red), ibu Husein berkunjung dan mengabarkan bahwa saya diundang untuk ikut pelatihan desain batik di Semarang. Saya berharap, home industri batik di Dawuhan semakin maju,” imbuhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar