Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Jumat, 02 Desember 2016

100 Ribu Pohon Dibagikan di Wilayah Lumbir


suaramerdeka.com
Sebanyak 100 ribu pohon berbagai jenis dibagikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko, pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang dipusatkan di Desa Parungkamal Kecamatan Lumbir, Kamis (1/12) kemarin.
Masyarakat diajak untuk menanam sebanyak-banyak pohon dan menanam kebaikan untuk kelestarian alam. Heru Sujatmoko mengatakan, masyarakat perlu meneladani dan menjalankan pesan leluhur di masa lampau untuk tidak bosan menanam pohon. Pasalnya, hanya dengan menanamlah, seseorang akan memanen. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat tekun agar mencapai keberhasilan dan kebaikan.
Menanam pohon dan menanam kebaikan sangat sejalan revolusi mental yang dicanangkan pemerintah saat ini. “Ingat pesan leluhur sapa nandur bakal ngunduh, sapa telaten bakal panen. Dalam hal ini selain menanam pohon, maka revolusi mental bisa dilaksanakan dengan menanam kebaikan,” jelas Heru dalam sambutanya membuka kegiatan peringatan tersebut.
Selain dilihat dari segi filosofis, Heru menekankan manfaat menanam pohon saat ini sangat penting bagi keberlangsungan dan kelestarian alam sekitar. Dengan menanam pohon, diharapkan dapat mengurangi potensi dampak bencana alam yang saat ini marak terjadi. Menanam pohon sedikit banyak pasti mempunyai pengaruh yang baik untuk konservasi alam sekitar.
Tanam InvestasiKepala Dinas Kehutanan, Provinsi Jawa Tengah, Bowo Suryoko mengatakan, barangsiapa menanam pohon, dia menanam investasi oksigen untuk dirinya sendiri, orang lain dan alam semesta. Untuk mendukung produksi oksigen dan upaya konservasi alam inilah, diharapkan satu orang selama hidupnya seharusnya minimal dapat menanam sekitar 25 pohon. “Bisa dibayangkan jika jumlah warga negara Indonesia yang sekarang berjumlah ratusan juta menanam.
Maka ini menjadi investasi untuk alam dan untuk kebaikan. Karena itu, dalam kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat terus menanam,” jelasnya. Bupati Banyumas, Achmad Husein mengapresiasi atas kegiatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang telah dipusatkan di wilayah Banyumas.
Ia berharap agar bantuan bibit tanaman pohon dari berbagai pihak sebanyak 100 ribu pohon untuk wilayah Kecamatan Lumbir dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Kami dorong masyarakat untuk menanam pohon. Karena dengan menanam pohon berarti mendonasikan oksigen untuk orang lain,” katanya.
Selain menanam pohon serentak sebanyak 5.000 pohon di sekitar lokasi, dalam kegiatan itu juga diadakan pelepasan satwa burung ke alam liar. Sementara 100.000 pohon dibagikan kepada masyarakat Desa Parungkamal sebanyak 50 ribu, dan 50 ribu lainnya dibagikan ke sembilan desa di wilayah Kecamatan Lumbir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar