Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Rabu, 28 Oktober 2015

Dampak Kemarau, Pasokan Air PLTMH Menurun


(27 October 2015,Radar Banyumas)
BANYUMAS-Makin menurunnya debit air yang mengaliri Pembangkit Lisrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), berdampak juga berdampak pada pengairan di wilayah Desa Sambirata Kecamatan Cilongok dan sekitarnya.
Akibat musim kemarau berkepanjangan, pembagian air untuk pengairan dan PLTMH terus dilakukan supaya keduanya terus berjalan. Sementara itu di Curug Nangga Desa Petahunan Pekuncen, debit air Sungai Arus sudah mulai mengering, sehingga mengurangi daya tarik pemandnagan Curug tingkat tujuh tersebut.
Kepala Desa Sambirata, Tarwan mengatakan, walapun belum sampai kekurangan air, pembagian air untuk pengairan sawah dan PLTMH tetapi diawasi supaya tetap seimbang.Dengan begitu, walaupaun sudah ada penurunan debit air selama musim kemarau, pengairan dan PLTMh tetap berjalan.
“Harapan kami walaupun ada penurunan debit air karena musim kemarau, pengairan sawah dan PLTMH harus tetap berjalan. Hal itu seperti tahun sebelumnya, walaupun air untuk menyuplai dua kegiatan warga yaitu perairan dan listrik, tidak ada kendala sampai saat ini,”jelas Tarwan, Senin (26/10).
Menurut Tarwan mengatakan, sejak musim kemarau ratusan warga Grumbul Karanggondang, Desa Sambirata Kecamatan Cilongok terancam tanpa penerangan listrik karena PLTMH terganggu jika debit air sungai terus menyusut di wilayah tersebut karena dampak musim kemarau. Saat ini, air yang digunakan untuk menggerakan turbin harus dibagi untuk mengairi sawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar