Selamat Kepada Calon Kepala Daerah Banyumas

Selasa, 13 Februari 2018

Ikon Bawor Dominasi Lomba Mural

RAUT muka Yusuf Soufi Romadhoni (15) tampak serius. Selang beberapa menit, dia memelototi garis lengkung bercat putih di sebuah tembok, lalu mulai melapis warna itu dengan kuas di tangannya.
Pemuda asal Banjarnegara ini adalah salah satu dari 50-an peserta Lomba Mural dari beberapa kota di Banyumas Raya yang mengusung tema Batik Banyumasan, di sentra batik dan kuliner Hans Batik and Resto, Sokaraja. Hampir sepekan ini, dia bolakbalik dari rumahnya untuk merampungkan mural pada dinding dengan motif batik punakawan. ”Hari ini harus selesai.
Nanti dinilai,” kata Yusuf, Minggu (11/2). Remaja yang duduk di bangku kelas X SMK HKTI 2 Purwareja Klampok ini mengaku belajar mural sejak masih bersekolah di Madrasah Tsanawiyah. Di tempat asalnya, dia juga bergabung dengan komunitas mural dan grafiti. Untuk lomba kali ini, dia bersama sembilan rekan lainnya harus menyelesaikan mural bermotif batik.
Empat tokoh punakawan termasuk Bawor tampak mencolok dengan goresangoresan tribal di bagian kanan dan kiri. Salah satu juri, Wiwit Rudi mengatakan, lomba semacam ini sangat efektif untuk mematri batik motif Banyumasan di hati para pelajar sekolah. Mereka dibebaskan untuk mengekspresikan motif-motif batik dalam pikirannya. ”Hampir semua didominasi ikon Bawor.
Tapi ada juga yang menggambar motif merak, motif asli Banyumas yang sudah jarang dipakai,” ujarnya. Ketua Panitia Lomba Mural, Narco Icuk menyebutkan, lomba yang diikuti oleh 14 kelompok dari berbagai sekolah, komunitas, mahasiswa dan kelompok umum itu digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-447 Banyumas. Mereka diminta untuk melukis tembok keliling di kompleks rest area Hans Batik.
”Untuk juara 1 diraih oleh Komunitas Balai Rasta, juara II dari komunitas Suara Kota Lama, dan juara III diraih SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara. Untuk juara harapan I dari Kampung Laut,” terangnya.
sumber Suara Merdeka

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...