Entri yang Diunggulkan

Info Tentang Blog Banyumas Corner

saya mencoba mendeskripsikan sebuah ungkapan yang berasal dari bahasa populer saat ini yaitu ungkapan Menduniakan Banyumas dan Memb...

Senin, 12 Juni 2017

Wikipedia Bahasa Banyumasan



wikiwiki2
Banyumas adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah tapi rumpun budaya Banyumasan atau bahasa Banyumasan adalah dialek atau sub budaya yang berkembang bukan hanya di kabupaten Banyumas tapi beberapa kabupaten lain baik kawasan eks karesidenan Banyumas atau daerah lain yang memiliki unsur bahasa yang mayoritas banyak kesamaan.
Dari segi umur bahasa konon ini merupakan salah satu bahasa tertua di Pulau Jawa atau nusantara yaitu bahasa yang banyak digunakan dan banyak kemiripan dengan masyarakat era Majapahit dan sebelumnya.
di Banyumas sendiri salah satu tokoh yang banyak berjasa memperkenalkan nilai nilai budaya dan bahasa Banyumas adalah Ahmad Tohari melalui karya sastranya baik berupa novel, cerpen dan sebagainya disusupi kalimat kalimat khas yang mencirikan gaya hidup atau budaya Banyumas , melalui penggambaran interaksi tokoh maupun keadaan alam .
Nah belum lama ini beliau juga berjasa membantu menyelesaikan al Quran terjemahan bahasa Banyumasan . Di pihak lain beberapa putra Banyumas yang memiliki keahlian di bidang teknologi juga   berhasil kamus android bahasa Banyumas. Ini adalah kebanggan bagi kita. semoga bahsa Banyumas tetap dilestarikan oleh para penuturnya.
Dan salah satu yang perlu kita ketahu ternyata Bahasa Banyumas juga diakui oleh wikipedia , sebuah portal berbagi informasi terkenal yang ternyata mengakomodir tulisan berbahsa Banyumas. semoga wikipedia juga bisa menjadi media kita berbagi informasi dan menggali banyak hal yang tentunya sangat bermanfaat bai kelestarian bahasa Banyumasan.
Untuk wikipedia berbahasa banyumas  bisa di lihat di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar