Langsung ke konten utama

Waspadai Enam Titik Rawan Macet

Polisi mengimbau kepada warga dan pemudik untuk mewaspadai enam titik kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas di jalur tengah Ajibarang. Pasalnya Ajibarang merupakan wilayah bertemunya kendaraan dari arah Jakarta-Purwokerto ataupun Yogyakarta-Bandung terutama saat arus balik lebaran.
Hal itu disampaikan Kepala Pos Pengamanan Simpang Tiga Utama Ajibarang, Iptu Mujono saat persiapan pengamanan jalur mudik dan balik lebaran di Ajibarang, Minggu (18/6) malam.
Ia menyebutkan enam titik lokasi jalan yang rawan kecelakaan dan macet di wilayah Ajibarang adalah Simpang Tiga Ciberung, Simpang Tiga Karangbawang, Simpang Tiga Pos Lalu Lintas Ajibarang, titik lokasi wisata Dream Land Park, Pancasan, Simpang Tiga Pasar Ajibarang dan Simpang Empat Pasar Hewan Ajibarang.
“Di enam titik inilah biasanya terjadi kemacetan karena bertemunya kendaraan dari sejumlah arah. Apalagi jelang lebaran dan pasca lebaran dipastikan lima titik ini akan ramai dan padat kendaraan,” katanya. Selain rawan kemacetan, enam titik lokasi ini juga rawan kecelakaan.
Untuk mengantisipasi dan meminimalisasi potensi kecelakaan itulah, para pengguna kendaraan diharapkan dapat lebih tertib dan mengutamakan keamanan dan keselamatan lalu lintas saat melintas di enam titik jalur tengah Banyumas tersebut. “Kami minta dengan semakin dekatnya waktu lebaran nanti, maka diharapkan kewaspadaan semakin ditingkatkan.
Tertib berlalu lintas dan memperhatikan rambu atau arahan petugas harusnya dilaksanakan oleh pengendara kendaraan,” katanya. Perwira Pengendali di Pos Pam Simpang Poslantas Ajibarang, Iptu Haryatmo menyatakan untuk menghadapi potensi kemacetan dan atau kecelakaan di enam titik lokasi tersebut, pihaknya akan menerapkan sejumlah langkah perlakuan.
Perlakuan itu antara lain rekayasa lalu lintas, pemasangan barikade, pengamanan turun ke jalan, patroli, pemberian petunjuk jalan kepada pengedra, pengalihan, penarikan arus hingga menempatkan personel di titik macet. “Langkah-langkah itu akan dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di lapangan.
Di Pos pam ini telah disiapkan 17 personel yang siap waspada terhadap berbagai kondisi di jalur Ajibarang yang menjadi langganan macet terutama saat arus balik lebaran ini,” ujar dia. Haryatmo mengatakan selain kerawanan kemacetan dan kecelakaan, pemudik dan pengendara kendaraan bermotor juga harus mewaspadai titik rawan kriminalitas di jalur Ajibarang-Bumiayu.
Tiga titik rawan kriminalitas itu antara lain berada di Pasar Induk Ajibarang, obyek wisata Dream Land Park, Pancasan dan Simpang Tiga Banjaranyar, Pekuncen. “Intinya jangan sampai lengah ketika di jalan, karena kelengahan di jalan raya sering dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal untuk bertindak.
Makanya kami harap warga waspada dan aparatpun akan rutin mengecek kondisi keamanan di tiga lokasi rawan kriminalitas tersebut,” katanya. Sementara itu berdasarkan pantauan di jalur selatan, tepatnya di perempatan Buntu, arus kendaraan dari arah Jakarta dan Bandung mulai terlihat sedikit meningkat dibandingkan hari-hari biasa.
Kapolsek Sumpiuh, AKP Sardjupri, mengatakan peningkatan arus lalu lintas belum mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan arus lalu diperkirakan akan mulai terjadi Jum’at (23/6) mendatang. “Sampai hari ini (kemarin) arus lalu lintas masih normal. Arus lalu lintas dari arah barat (Bandung) masih lancar, situasi arus mudik di jalur selatan ini masih kondusif.
Peningkatan kendaraan kemungkinan akan mulai terasa 23 Juni nanti,” kata dia. Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalan utama Sumpiuh- Tambak. Apabila arus kendaraan mulai meningkat, kendaraan dari arah barat akan dialihkan melalui jalan lingkar Sumpiuh, sedangkan dari arah timur melalui jalan utama.
“Rekayasa lalu lintas itu nanti akan diterapkan situasional, tergantung kondisi lalu lintas. Kalau arusnya sudah padat, kami akan menutup dari persimpangan Kebokura, kendaraan dari arah barat lewat jalan lingkar,” ujar dia. 
sumber suara merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…