Langsung ke konten utama

Serayu Voyage River , Megaproyek Pariwisata Sub Wilayah V

 

 Sebuah Rencana Besar Perlu Upaya Besar

  (2 February 2015 Radar Banyumas)
Para penambang pasir yang masih beroperasi di kawasan sekitar aliran Sungai Serayu, akan diikutkan dalam rencana pengembangan wisata unggulan di kawasan selatan Banyumas. Mereka diharapkan bisa beralih profesi untuk menghidupkan Sungai Serayu dengan perahu wisata. Hal ini untuk mengembangkan kembali objek wisata air Serayu River Voyage (SRV) yang mandek selama hampir delapan tahun.
“Budaya menambang pasir akan cepat merusak lingkungan sekitar sungai, sehingga kami arahkan mereka untuk bisa mengelola perahu wisata,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Deskart S Jatmiko.
Menurutnya jika dikelola dengan baik, perahu wisata bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengisi liburan dan mendatangkan keuntungan yang lebih baik daripada menambang pasir.
Ia mencontohkan, jika satu perahu wisata bisa mengangkut 20 penumpang dengan tiket per orang sebesar Rp 10 ribu, maka dalam satu kali perjalanan bisa terkumpul Rp 120 ribu. Hal ini lebih menguntungkan daripada menambang pasir yang dihargai Rp 60 ribu untuk satu rit pasir.
“Yang penting tingkat keamanan atau safety yang harus terjamin, sehingga masyarakat bisa merasa aman untuk naik perahu wisata,” lanjutnya.
Ia menjelaskan, akan merintis kerjasama lintas wilayah yang melibatkan Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara dan Wonosobo untuk pengembangan perahu wisata. Dalam wisata perahu ini juga bisa dibuat paket-paket wisata seperti misalnya wisata kuliner, dinner, karaoke, atau paket pernikahan. Kerjasama ini juga terkait dengan pengembangan SRV yang terintegrasi dengan Sentra Budaya Kota Lama Banyumas.
SRV juga bisa dikembangkan seperti yang dilakukan Kabupaten Banjarnegara dengan arung jeram dan wisata sungainya. Untuk itu, fasilitas berupa dermaga di sepanjang jalur sungai serayu akan segera disediakan di empat titik yaitu di Tambaknegara, Kedunguter, Papringan, dan Pegalongan. Lokasi tersebut juga mendukung untuk tradisi larung sesaji Grebeg Suran dan perajin batik serta Sanggar Calung.
Hanya saja, dermaga perahu tidak diizinkan dibuat permanen di wilayah bantaran Sungai Serayu. Pembangunan dermaga dibuat di area bantaran sungai dengan pondasi dan tangga atau undak-undakan serta dibuat juga area parkir dalam kawasan bantaran tersebut.
Purwokerto 

Watumeja bagian dari konsep Serayu Voyage River

 Kondisi Kali Serayu Saat Ini

(ANTARA News) - "Di tepinya Sungai Serayu, waktu fajar menyingsing, pelangi merona warnanya, nyiur melambai-lambai, warna air sungai nan jernih, beralun berkilauan, desir angin lemah gemulai, aman tentram dan damai..."
Kutipan lirik lagu keroncong "Di Tepinya Sungai Serayu" karya R Sutedjo ini dapat menggambarkan kondisi Sungai Serayu ketika lagu tersebut dibuat.
Akan tetapi saat ini, kondisi Sungai Serayu yang panjangnya mencapai 151 kilometer yang melintasi Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap, Jawa Tengah, tidaklah seperti dulu lagi.
Kini, air Sungai Serayu tampak keruh akibat adanya sedimentasi di wilayah hulu yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.
Sementara di bagian tengah dan hulu, mengalami kerusakan akibat penambangan pasir.
Pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) "Telapak", Sungging Septivianto mengatakan, berbagai permasalahan saat ini muncul di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu yang berada di bawah pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak, Yogyakarta.
"Ini diketahui dari kegiatan Ekspedisi Susur Serayu yang kami gelar pada tahun 2010 silam," kata pria yang akrab dipanggil dengan nama Jalu saat ditemui di Purwokerto, Sabtu (23/4).
Dalam hal ini, kata dia, permasalahan yang muncul di wilayah hulu DAS Sungai Serayu yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara adalah deforestasi dan degradasi hutan akibat budi daya sayuran.
Menurut dia, aktor yang terlibat dalam masalah ini di antaranya investor dan perusahaan besar seperti PT Indofood, Perum Perhutani, pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten), broker dan pedagang lokal, serta petani lokal.
Sementara di wilayah tengah dan hilir DAS Sungai Serayu di Kabupaten Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap, terjadi pencemaran sungai dan erosi tebing sungai akibat penambangan pasir.
"Aktor yang terlibat dalam masalah ini di antaranya perusahaan tepung tapioka, perusahaan tambang pasir, BBWS Serayu-Opak, pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten), serta penambang lokal," katanya.
Menurut dia, permasalahan tersebut berdampak pada bendungan PLTA Garung di Kabupaten Wonosobo dan Mrica di Kabupaten Banjarnegara mengalami sedimentasi yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan terganggunya sistem pembangkitan listrik untuk interkoneksi jaringan Jawa-Madura-Bali (Jamali).
Selain itu, kata dia, petani pemilik lahan di sepanjang Sungai Serayu mengalami kerugian akibat erosi yang terus-menerus.
"Bahkan, konsumen PDAM Cilacap terancam kesehatannya akibat pencemaran dari pabrik tapioka. PDAM Cilacap memanfaatkan air Sungai Serayu untuk diolah sebagai air minum," katanya.
Oleh karena itu, kata Jalu, perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, antara lain pengendalian pasar sayuran dan perbaikan teknik budi daya yang lebih bertanggung jawab.
Menurut dia, perlu dikembangkannya "Community Logging" atau model pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan adil secara ekonomi.
Selain itu, kata dia, harus dilakukan pemantauan secara rutin terhadap pabrik tapioka dan penegakan hukum yang tegas jika terjadi pelanggaran.
"Solusi lain, yakni membuat sistem pengendalian penambangan pasir melalui pembangunan model tambang yang bertanggung jawab, serta membuat forum DAS sebagai sarana koordinasi dan komunikasi para pihak untuk memecahkan permasalahan di sepanjang Sungai Serayu," katanya.
Ia mengatakan, deforestasi akibat penanaman sayuran di Dataran Tinggi Dieng tidak lepas dari faktor pasar.
Dengan demikian, kata dia, perlu adanya intervensi terhadap pengendalian sayuran dari aspek pasar yang hingga saat ini belum dilakukan.
Kendati demikian, dia mengatakan, sejumlah upaya penyelamatan fisik di bagian hilir DAS Serayu mulai dilaksanakan oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.
Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan di bagian hilir Sungai Serayu adalah reboisasi, antara lain melalui pengembangan tanaman eucalyptus.
"Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengubah kebiasaan petani di Dataran Tinggi Dieng menanam sayuran khususnya kentang," katanya.
Secara terpisah, anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Eddy Wahono mengatakan, permasalahan sungai tidak semata-mata menjadi tanggung jawab dari dinas karena lebih erat pada paradigma masyarakat.
"Peran dari dinas, bukan hanya memperbaiki bentuknya (bentuk sungai, red.) saja, tetapi paradigma masyarakatnya itu sendiri," katanya.
Dalam hal ini, kata dia, harus ada implementasi pembentukan Dewan Sumber Daya Air Provinsi maupun Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) di daerah.
Akan tetapi, lanjutnya, implementasi pembentukan Dewan Sumber Daya Air Provinsi maupun TKPSDA hingga saat ini masih berjalan setengah-setengah karena unsur-unsur masyarakat masih ditinggalkan oleh dinas.
"Sementara dinas sendiri, masih bersikap selaku birokrat, bukan pelayan masyarakat. Dengan demikian, peran dinas dalam rangka perbaikan sungai tidak mungkin akan terwujud karena masyarakatnya belum terbentuk," katanya.
Khusus untuk penanganan Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, dia mengatakan, hal itu sudah cukup bagus karena saat ini telah terbentuk Forum Masyarakat Pengelolaan Sumber Daya Air (Formas PSDA) Serayu Hilir.
Akan tetapi, kata dia, di kabupaten lainnya seperti Cilacap tampak masih terjadi pembiaran terhadap penambangan liar.
"Kita lihat di Cilacap, di sana ada penambangan-penambangan liar yang sepertinya dibiarkan karena dari unsur-unsur dinas tidak sering mengadakan rapat koordinasi sehingga ada daerah tertentu yang dengan `alih-alih` izin penampungan atau penimbunan bahan galian C, justru digunakan sebagai sentra penggalian bahan galian C," kata dia yang juga Ketua Formas PSDA Serayu Hilir serta anggota TKPSDA Serayu-Bogowonto.
Oleh karena itu, dia mengatakan, perlu adanya pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan Sungai Serayu yang dapat dilakukan melalui swakelola.
Dalam hal ini, dia mencontohkan, swakelola Sungai Serayu di Desa Piasa, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010 dengan melibatkan Formas PSDA Serayu Hilir.
Kendati demikian, dia mengakui, di bagian hilir Sungai Serayu khususnya dari Bendung Gerak Serayu di Kabupaten Banyumas hingga muara di Kabupaten Cilacap masih banyak kerusakan akibat paradigma masyarakat yang belum bisa diubah.
Menurut dia, hal itu disebabkan tidak adanya ketersediaan pasir di Sungai Serayu yang berasal dari Gunung Slamet.
"Pasir yang ditambang para penambang berasal dari tebing-tebing sungai yang berguguran akibat pengerukan di dasar sungai. Kita tentu tahu, kalau dasar sungai dikeruk, akhirnya sungai itu akan melebar karena tebingnya berguguran," katanya.
Dia mencontohkan penambangan di Desa Losari, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, hingga muara Sungai Serayu.
Menurut dia, penambangan tersebut telah mengakibat lebar Sungai Serayu menjadi 150 meter karena tebing-tebingnya berguguran.
Oleh karena itu, kata dia, perlu adanya ketegasan penegakan hukum dan pencarian solusi untuk mengubah paradigma.
"Kita tidak bisa serta-merta melarang penambangan tanpa adanya solusi karena dapat berdampak munculnya pengangguran," katanya.
Selain itu, lanjutnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah harus segera menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) khusus untuk sungai.
Menurut dia, RTRW sungai sangat diperlukan sehingga penataan dan pemanfaatan sungai, khususnya Sungai Serayu.
Dengan demikian, kata dia, akan diketahui batasan-batasan pemanfaatan sungai jika ada investor yang masuk.
Dalam hal ini, lanjutnya, Serayu sebenarnya memiliki simpul-simpul yang dapat dimanfaatkan sebagai penopang otonomi daerah namun terganjal Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.
Oleh karena itu, dia mengatakan, pemerintah diharapkan dapat menyederhanakan PP Nomor 6 Tahun 2006.
"Mengapa rencana Serayu River Voyage (SRV) terhenti? Ini karena terganjal PP Nomor 6/2006, di mana segala sesuatu barang milik pemerintah apabila akan dipergunakan oleh pihak ketiga harus seizin Menteri Keuangan yang akan membentuk badan layanan umum (BLU)," kata Eddy Wahono yang juga Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS) Kabupaten Banyumas.
Menurut dia, hingga saat ini BLU belum terbentuk sehingga rencana pengembangan pariwisata SRV di Bendung Gerak Serayu pun terbengkalai.
"Padahal, embrio pariwisata telah terbentuk. Membentuk embrio pariwisata itu sangat sulit," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Sungai dan Air Baku pada Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDA dan BM) Kabupaten Banyumas, Ariono Purwanto mengatakan, Sungai Serayu merupakan salah satu sungai strategis nasional sehingga kewenangan pengelolaannya di tangan pemerintah pusat.
"Akan tetapi, dalam pelayanan ke masyarakat, kita mengalami kendala-kendala, di antaranya perizinan pemanfaatan Sungai Serayu, baik untuk tambang atau untuk apa. Itu harus melalui rekomendasi dari Yogyakarta (BBWS Serayu-Opak, red.)," katanya.
Menurut dia, jika hal itu dapat berjalan cepat, tidak menjadi masalah namun kalau terlambat justru menjadikan masalah.
Selain itu, dia mengatakan, pihaknya juga mengalami kendala dalam penanganan penambangan liar yang mengakibatkan terjadinya kerusakan di Sungai Serayu.
"Dalam hal menertibkan penambang liar, di satu sisi Sungai Serayu bukan kewenangan kita, tetapi di sisi lain kita ditugasi. Di sisi lain, masyarakat alasannya perut. Jadi itu dilematis bagi perangkat pemerintah daerah untuk mengatasi masalah tersebut," katanya.
Kendati demikian, dia mengatakan, pihaknya akan mencoba merangkul TKPSDA, Formas PSDA Serayu Hilir, maupun organisasi nonpemerintah untuk bersama-sama mengelola Sungai Serayu.
Menurut dia, Dinas SDA dan BM Kabupaten Banyumas saat ini juga telah berupaya mempersempit ruang gerak para penambang liar terutama di sekitar Bendung Gerak Serayu hingga perbatasan Kabupaten Banyumas dan Cilacap di Desa Losari, Kecamatan Rawalo, yang mengalami kerusakan parah.
"DAS Serayu yang paling parah berada di bawah bendung gerak sampai Losari karena di situ ada jembatan nasional dan bendung geraknya itu sendiri, sehingga apabila terjadi penurunan, akan terjadi bencana," kata dia menegaskan.
Objek wisata air Serayu River Voyage (SRV) yang digagas oleh Pemkab Banyumas sejak 2007, ternyata masih jalan di tempat.
Wacana pengembangan Sungai Serayu menjadi wisata unggulan di kawasan selatan Banyumas tersebut, hanya merealisasikan pembangunan dermaga di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo. Pelaku wisata, Wiwit Yuni Hartono, mengatakan sejak diluncurkan 8 tahun lalu, tingkat kunjungan SRV masih minim.
Bahkan agen perjalanan dan biro wisata, tidak berani menjual paket tersebut lantaran peminatnya belum terukur dengan jelas. ”Selama ini memang ada pengunjung yang menggunakan jasa perahu wisata dari dermaga Desa Tambaknegara, tetapi data kunjungan itu tidak ada. Pelaku wisata tentu tidak berani menjual paket tersebut secara terbuka,” kata dia, kemarin.
Sejatinya, SRV bisa menjadi objek wisata alternatif, seperti yang dikembangkan oleh Banjarnegara dengan arung jeram dan wisata sungainya, serta Purbalingga yang mengandalkan rafting di Sungai Klawing. Menurut Wiwit, wisata minat khusus jenis ini tengah naik daun. Seiring bergesernya trend travelling di seluruh dunia.
”Tetapi kami menyayang kan, fasilitas berupa dermaga dan akses transportasi di sepanjang jalur sungai belum tersedia. Padahal itu sangat dibutuhkan untuk membuat wisatawan merasa nyaman saat bersantai di Sungai Serayu,” ujarnya.
Dia mengatakan, selama ini Pemkab Banyumas yang bekerja sama dengan Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS), hanya mengandalkan event Festival Perahu Pasir yang disebut juga Festival Serayu, untuk mempromosikan SRV. Menurut Wiwit, kegiatan temporer tersebut kurang efektif, apabila tidak dibarengi dengan peningkatan fasilitas untuk SRV.
Secara terpisah, anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Eddy Wahono, mengatakan masalah ketersendatan pengembangan SRV, karena masih terganjal PP Nomor 6/2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Pasal tersebut menyebutkan, pihak ketiga harus mendapat izin Menteri Keuangan, yang akan membentuk badan layanan umum (BLU).
”BLU-nya itu belum terbentuk,” kata Eddy Wahono, yang juga Ketua Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS). Khusus untuk penanganan Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, kata dia, hal itu sudah cukup bagus karena saat ini telah terbentuk Forum Masyarakat Pengelolaan Sumber Daya Air (Formas PSDA) Serayu Hilir.
Pelibatan unsur masyarakat juga dibutuhkan, utamanya para penambang pasir di sekitar Sungai Serayu. ”Kami tidak bisa serta-merta melarang penambangan tanpa solusi, karena dapat berdampak munculnya pengangguran. Jadi para pemilik perahu pasir, diarahkan untuk menjadi pengelola perahu wisata,” katanya.
Eddy menargetkan, persoalan perizinan dapat dituntaskan akhir 2015. Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko, mengungkapkan masalah izin tersebut akan diatasi dengan memindahkan pengembangan dermaga. Beberapa alternatif lokasi dermaga, telah disiapkan untuk menghidupkan wisata susur sungai ini.
”Desa Kedunguter dan Papringan sedang dibidik untuk dibuat menjadi dermaga. Itu sudah dikoordinasikan, kami boleh membangun dermaga tapi tanpa merusak struktur bantaran sungai,” ujarnya. Deskart mengatakan pengalihan pengembangan dermaga ini, sekaligus dimanfaatkan untuk mendukung program kawasan Sentra Budaya Banyumas. SRV menjadi salah satu atraksi yang ditawarkan kepada wisatawan.
Dia mengatakan Desa Papringan baru-baru ini telah dikembangkan menjadi sentra batik Banyumas, dengan membangun sejumlah galeri. Sementara kawasan Kota Lama Banyumas juga diramaikan dengan pertunjukan seni budaya.
Menurut Deskart, ke depan, SRV dapat dikembangkan menjadi satu paket yang terintegrasi dengan Sentra Budaya Banyumas Kota Lama-Kecamatan Wisata Somagede atau paket alternatif seperti Museum Pangsar Soedirman-SRV. Paketpaket itu bisa digolongkan sesuai minat. ”Kalau berminat pada wisata sejarah, akan diarahkan ke paket SRV-Banyumas Kota Lama- Somagede. Dalam paket ini, vendor harus menentukan tiket masuknya,” ucapnya.

Sub Wilayah Pengembangan Pariwisata V

SWPP V Banyumas, Somagede, dan sepanjang Sungai Serayu. Pengembangan SWPP V, dimana di sub wilayah itu akan dilakukan pengembangan pariwisata di kota lama Banyumas bersamaan dengan pengembangan pariwisata Somagede dan wilayah di sepanjang aliran Sungai Serayu.Di sub wilayah pengembangan pariwisata V ini meliputi 26 desa dari enam kecamatan di sepanjang aliran Sungai Serayu, yakni Somagede, Kalibagor, Banyumas, Patikraja, Kebasen, dan Rawalo.
Kawasan wisatanya akan berpusat di Sungai Serayu. Sudah mulai bereksperimen dengan Festival Serayu Banyumas VIII, semua wilayah yang memangku Sungai Serayu nantinya akan terlibat dalam SWPP V sebagai satu kawasan yang ditumbuhkan dengan karakteristik yang tidak terlalu berbeda,  (sumber : Humas Pemkab Banyumas)

Komentar

Pos populer dari blog ini

Rencana Jalan TOL Ajibarang Wangon

Dalam perkembangannya rencana pembangunan jalan Tol Ajibarang Wangon terakomodasi dengan disetujuinya Rencana Jalan Tol Tegal Cilacap yang aksesnya dipastikan melewati kota kota ini.

Berdasarkan RTRW Jateng 2009-2029, Kabupaten Banyumas akan dilalui jalan tol Tegal-Cilacap. Rutenya dimulai dari Tegal-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap. Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap akna dilalui Jalan tol Cilacap-Yogyakarta, rutenya dimulai dari Cilacap-Buntu-Sumpiuh-Kebumen-Purworejo-Kulon Progo, Yogyakarta.
Meskipun tidak melewati Kota Purwokerto, tapi dengan akses yang memadai terutama ke Wangon yang menurut informasi menjadi lokasi TOL Gate , maka tetap berperan signifikan terhadap mobilitas dari Purwokerto ke luar daerah. 
Ini adalah konsekuensi sebuah perkembangan dimana dampak dibukanya TOl Cipali tenyata semakin membuat kawasan Banyumas padat. bahkan yang menjadi pelajaran bersama adalah kasus rusaknya jembatan Comal Pemalang beberapa tahun lalu, mengakibatkan kemacetan parah di Jalur…

Rencana Jalan TOL Pejagan /Tegal - Wangon - Cilacap Dalam Tahap Penyusunan FS

Up date info :  Ternyata info terbaru diusulkan bukan dari Tegal tapi dari Pejagan, Yaitu Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap dan Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap


Peta Usulan Program Bina Marga Antar WPS Brebes-Cilacap

 Pembangunan jalan tol lanjutan dari pejagan-bumiayu-pekuncen-ajibarang-cilacap Penyusunan FS tol Pejagan-Cilacap



update info berita ini Minggu 12 Feb 2017, 10:59 WIB Tegal Cilacap Bakal Terbangun Jalan TolDana Aditiasari - detikFinance Sisi Selatan Pulau Jawa bakal kehadiran proyek jalan tol, salah satunya adalah proyek jalan tol Tegal-Cilacap. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.
"Itu kan tol prakarsa, artinya usulan dari pihak swasta. Usulannya sudah masuk ke kami, mudah-mudahan bisa lelang tahun ini," kata dia dihubungi detikFinance, Minggu (12/2/2017).
Jalan tol ini, kata Herry, diprakarsai oleh BUMN jalan tol, PT Jasamarga (Persero). Jalan tol ini bakal menjadi alternati…

Objek Wisata Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

update info






GRAFIKA GROUP KEMBANGKAN WISATA DI KARANG PENGINYONGAN
KAWASAN WISATA KARANG PENGINYONGAN CIPENDOK
LAUTAN BUNGA DI TAMAN PENGINYONGAN
TITIAN KASIH KE PUNTUK ASMARA



[Suara Banyumas] Kawasan Objek Wisata Karang Penginyongan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata dan budaya yang terintegrasi. Tujuannya menarik wisatawan untuk mengunjungi wilayah Banyumas bagian barat. Hal itu diungkapkan budayawan Ahmad Tohari dalam Sosialisasi Pengembangan Taman Wisata dan Budaya Karang Panginyongan, Minggu (17/1). Dia mengatakan, Karang Penginyongan ini diarahkan untuk menjadi kawasan wisata edukatif. Arahnya untuk membentuk karakter kepribadian pengunjungnya. ”Banyumas membutuhkan destinasi wisata dengan konsep yang baru, tidak hanya untuk objek wisata massal. Selain itu, sudah waktunya kantongkantong kebudayaan disiapkan untuk menarik wisatawan. Banyumas butuh usaha pariwisata berbasis alam dan juga pemikiran untuk p…